Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


November 27, 2008

Instal Windows XP Via Flashdisk


Fiuuuuh....akhirnya kelar juga percobaan buat bootable XP dalam Flashdisk. Awalnya coba googling dengan keyword "instal xp dari flashdisk", JRENG...JRENG...JRENG...banyaaaak banget!!! coba cari software buat jalaninnya, waaah...ada, gak nunggu lama langsung di download aja :D. Lalu aku coba ikuti petunjuk dari situs-situs yang aku buka tapi...kok malah error??? gagal deh... :(
coba lagi..gagal lagi, coba lagi gagal lagi...gemeeeeeessss.... :( Kira-kira apa yang salah ya??? kok selalu error pas buat virtual drive-nya???

Aku hanya berpikir, apa ada kesalahan dari applikasi yang aku download???mungkin iya kali. Aku coba googling kembali lalu kemudian dapat site ini. aku coba download filenya satu-satu, mulai dari bootsect, PeToUSB_3.0.0.7 dan usb_prep8. Lalu aku coba ikuti petunjuknya. Nih caranya:
1. Ekstrak semua hasil download tadi (bootsect, PeToUSB_3.0.0.7 dan usb_prep8) kedalam 1 folder, dan untuk mudahnya letakkan aja folder tersebut di DESKTOP dengan nama USB. Lalu copy file PeToUSB hasil ekstrakan tadi kedalam folder usb_prep8.
2. Buka folder usb_prep8 lalu double klik aja file yang namanya usb_prep8. Tar ada keluar Command Prompt kayak di gambar bawah ini.

3. Lalu Press any key to continue...tau artinya kan??? :D tekan aja sembarang tombol. Lalu akan keluar window kayak gambar dibawah ini.

4. Tidak ada setingan yang harus di ubah disini, hanya yakinkan diri aja dimana drive USB yang pengen di jadiin bootable XP itu kemudian cukup kamu klik START aja dan proses format Flashdisk kamu akan berjalan (ini akan merubah format flashdisk kamu menjadi FAT16).
5. Begitu pekerjaan format flashdisknya udah kelar jangan langsung ditutup window yang buat format flashdisk itu, tar malah gagal semuanya :D
6. Buka START---RUN---ketik CMD (kalau yang kamu pakai sekarang adalah windows XP) lalu setelah muncul window command prompt ketikkan aja "cd desktop" (tanpa tanda petik). Ketik lagi "cd bootsect" lalu "bootsect.exe /nt52 I:" (tanpa petik, kebetulan flashdisk ku ada di drive I, tinggal sesuaikan aja dimana drive flashdisk kamu). Perintah ini tujuannya adalah membuat boot sector yang benar ke dalam flahdisk kamu, supaya flahdisk kamu bisa menjadi bootable, tanpa ini semua nyapasti gak jalan :D
Oh iya ada yang perlu diingat nih, pada saat menjalankan perintah ini mohon di close aja window yang menampilkan isi dari flashdisk kamu. jika semua sudah selesai maka akan keluar kata-kata yang bunyinya "Bootcode was successfully updated on all targeted volumes." Sekarang di close aja window command prompt yang ini tapi jangan tutup window command prompt punyanya si usb_prep8. tar ada tampilan kayak gini nih:

Kalau belum tampil tinggal tekan ENTER aja.
7. Nah...sekarang tinggal ikutin perintah yang tampil itu. Dimulai dengan menekan angka "1" lalu ENTER, lalu kita disuruh nyari dimana lokasi dari windows kita (entah itu sudah di copy dalam harddisk atau masih dalam CD master XP-nya).
8. Tekan angka "2" lalu ketikkan drive yang gakada di dalam PC kamu, cth. "T", ENTER.
9. Tekan angka "3" lalu ketikkan drive dari flashdisk kamu (kalau aku kebetulan di drive "I").
10. Tekan angka "4" maka proses instalasi ke dalam flashdisk kamu akan dimulai, jika ada perintah untuk memformat drive "T" tadi ketik aja "Y" (yes) lalu ENTER lagi. selanjutnya kalau ada popup yang keluar klik aja "YES"
Finish!!!
Selesai deh...tinggal nanti kalau mau instal ke notebook atau PC yang mendukung boot lewat usb drive tinggal arahin aja first boot-nya ke flashdisk kamu ini :D
Sewaktu instalasi ke notebook atau PC, pilih dulu nomer "2" untuk text mode setup. Proses akan lanjut seperti instalasi XP biasa.
Setelah semua kelar pilih lagi nomer "1" untuk melanjutkan instalasi Windows XP.

Jangan dicabut dulu flashdisk kamu sampai proses dari instalasi windows Xp-nya selesai. Setelah selesai semua proses instalasi baru boleh cabut tuh flashdisk.
Thanks buat Mr. Fauzie atas do'a-nya...tapi di do'a in gak tadi ya?? :)) (guyon aja kok)... anyway..thanks :D
Mudah-mudahan sukses ya??? ;)

People Who Read This thread Also Read This Too: