Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


December 27, 2008

Tips Mempercepat PC


Aku ada sedikit tips buat meringankan beban komputer supaya dapet lari kenceng...tips ini hanya sebagian kecil saja, masih banyak tips yang lain selain ini.
Bagi yang mau mempercepat laju PC-nya silahkan dibaca tips berikut ini :)


  1. Rubah tampilan menjadi calssic mode, caranya:Klik kanan desktop kemudian klik properties, dan bualah di Tab "Theme", disitu ada pilihan theme, pilihlah "Windows Classic". Alasan: Meringankan kerja CPU dan RAM.
  2. Disable Visual Effects, caranya: Klik "Start" kemudian pilih "Control Panel", Double-click icon "System", pilih Tab "Advanced", Dibawah "Performance," klik "Settings", pilih opsi "Adjust for best performance" dan terakhir klik OK dan OK lagi. Alasan: Meringankan kerja CPU dan RAM.
  3. Defragment Hard Disk Kamu, caranya: Double-click "My Computer", Pilih Partisi "C", dan klik kanan di partisi "C" itu, pilih "Properties", Klik Tab "Tools", klik tombol "Defragment Now". Pada bagian atas, pilih partisi "C" dan terakhir klik tombol "Defragment". Alasan: Meningkatkan kecepatan file yang diakses.
  4. Jika didalam komputer kamu hanya ada satu Harddisk yang dipasang, ikuti cara ini. Jika ada lebih dari satu Harddisk yang terpasang di komputer kamu, lewati cara ini dan lanjutkan dengan cara ke-5. Pastikan virtual memory di setting ke "System managed size:", caranya: Klik "Start" lalu pilih "Control Panel", double-click icon "System", klik Tab "Advanced", dibawah "Performance" klik "Settings", klik Tab "Advanced", dibawah "Virtual Memory" klik "Change", pastikan option "System managed size" dipilih, kemudian klik "Set", lalu klik "OK"-"OK" dan "OK" lagi :p Alasan: Memberikan Operating System lebih banyak Virtual memory yang dibutuhkannya.
  5. Jika kamu punya dua Harddisk yang terpasang di komputer kamu, pindahkan "paging file ke harddisk yang kedua, caranya: Klik "Start" lalu pilih "Control Panel", double-click icon "System", klik Tab "Advanced", dibawah "Performance" klik "Settings", klik Tab "Advanced", dibawah "Virtual Memory" klik "Change" >> pastikan partisi "C" yang ada dibagian atas terblok >> Klik option "No paging file" >> Klik "Set" >>Klik "OK" >> Klik "Change" >> Pastikan Harddisk kedua dibagian atas terblok >> Pilih tombol "System managed size" >> Klik "Set" >> Klik "OK" >> "OK" again >> Lagi-lagi "OK" :p >> Restart computer kamu agar perubahannya bisa terjadi. Alasan: Offloads virtual memory harddisk yang lain, membuat harddisk utama dapat bekerja secara cepat.
  6. Disable Hard Disk Indexing, caranya: Double-click "My Computer">> Klik kanan partisi "C" >> pilih "Properties" >> hilangkan ceklistan yang mengatakan "Allow Indexing Service to index for fast file searching" >> Klik "OK". Alasan: Harddisk kadang jarang di gunakan, membuatnya menjadi lebih cepat dengan cara ini (dengan catatan, ini bisa mengakibatkan pencarian lewat kotak "Search" menjadi lambat). Kalau kamu sering menggunakan kotak "Search", jangan gunakan cara ini ya? Tapi kalau gak, ini bisa menambah cepat computer loh... :)
  7. Pastikan Versi dari IE (Internet Explorer) yang kamu gunakan, caranya: Buka IE >> Pilih "Help," dan kemudian "About" >> Versinya tertulis di bawah logo IE. Kalau IE kamu itu versi enam, lanjutkan ke no-8. Kalau versi IE kamu tujuh, langsung aja ke no-9 :p
  8. Delete files yang tidak berguna di IE 6, caranya: Buka IE >> Pilih "Tools," kemudian pilih "Internet Options..." >> Klik "Delete Cookies" >> klik "OK" >> klik "Delete Files" >> Click "OK" >> Click "Settings" >> klik "View Files..." >> Drag dan delete semua files >> Tutup aja window-nya, dan klik "OK" >> Klik "Clear History" >> Klik "Yes" >> Klik "OK". Alasan: Tidak akan memakan waktu yang lama dengan mencari files yang tidak perlu.
  9. Delete files yang tidak berguna di IE 6, caranya: Buka IE >> Pilih "Tools," kemudian pilih "Internet Options..." >> Pilih "Delete..." pada bagian bawah "Browsing History" section >> Klik "Delete All" >> Klik "Yes" >> Klik "OK" Alasan: Tidak akan memakan waktu yang lama dengan mencari files yang tidak perlu.
  10. Delete File yang tidak perlu di Firefox, caranya: Buka Firefox >> Pilih "Tools" >> Pilih "Clear Private Data..." >> Ceklist semuanya kecuali "Offline Website Data" dan "Saved Passwords" >> Klik "Clear Private Data Now". Alasan: Tidak akan memakan waktu yang lama dengan mencari files yang tidak perlu.
Untuk sementara itu aja ya? masih banyak sih tips buat mempercepat jalannya windows, seperti mengurangi jumlah startup di systemtray, memperpendek waktu login etc deh pokoknya. Tar kalau sempet aku bagi-bagi lagi deh :p

People Who Read This thread Also Read This Too: