Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


February 15, 2009

Cara Install XP tanpa CD Room


Posting lagi ahh (walaupun dengan fasilitas yang terbatas) ;) .......
Ditengah-tegah kesibukan kayak gini, nyempetin posting aja, soalnya udah lama banget gak posting tentang computer. Sempet juga ngelamun, kira-kira mau posting tentang apa lagi (susah juga kalau adanya "kemampuan" cuma segini) :(
Ya udah...kebetulan kemaren ketemu ama notebook model lama yang gak ada CDRoom-nya, gak support booting USB, gak punya floppy external, kayaknya udah lengkap banget penderitaan. Sambil mandangin monitor kepikiran juga bagaimana kalau instal melalui computer lain baru setelah itu dipindahin ke notebooknya ya?? coba ahh.... :)


Kalau ketemu masalah kayak gini sempet juga pusing sih, tapi harus cari akal bagaimana caranya supaya bisa instal XP di notebook ini.
Ya udah, aku buka/cabut aja HD notebooknya lalu aku konekin ke computerku dengan menggunakan kabel eksternal notebook dan format dari situ. lengkapnya gini:

  1. Buka Harddisk Notebooknya lalu joint-kan ke computer yang akan "membantu" kita ini :)
  2. Format dulu harddisk-nya dengan cara biasa aja (bisa menggunakan fasilitas dari windows XP sendiri). Dan format ke dalam FAT32 jangan NTFS.
  3. Kopikan master windows XP ke dalam harddisk Notebook ini, beri nama foldernya XP.
  4. Setelah itu matikan computer-nya. Cabut saja power harddsik computer kita supaya tar pada saat pengkopian file-file dari XP tidak ke computer kita (kecuali di computer kamu bisa di seting harddisk yang akan dipakai sebagai master-nya).
  5. Masukin CD bootable windows 98 ke CDRoom computer kita(ini lah alasan kenapa aku suruh tadi format menggunakan FAT32). Lalu booting awal arahkan ke CDRoom.
  6. Setelah semua tampil sekarang arahkan aja ke partisi HD notebook yang sedang konek sekarang. Kalau HD notebook nya ada di C:\> tinggal kamu ketik aja C:
  7. Kemudian setelah masuk di partisi C:\>, ketik lagi CD XP >>> CD I386 >> WINNT
  8. Biarkan semua berjalan dan jika ada perintah tinggal di ENTER aja.
    Ikuti semua petunjuk yang ada sampai pengkopian semua file selesai. SetelahPengkopian file selesai akan ada konfirmasi buat restart, nah tinggal kamu restart aja tapi kemudian matikan computer-nya jangan biarkan penginstalan di computer kita.
  9. Pindahkan HD notebbok itu kembali ke asalnya. Lalu hidupkan dan proses penginstalan akan berjalan seperti biasa. kalau mau tau cara instal XP nya ikuti aja postingan ku yang ini.
Mohon maaf ya semuanya, aku gak bisa ngasih preview pic nya, dikarenakan aku posting ini juga di tempat lain bukan di kandang sendiri (harimau kali... ;) ), jadi harap maklum aja ya?
BTW....Good Luck, mudah-mudahan dengan penjelasan kayak gini bisa gak jelas hihihihii... gak ding bercanda, mudah-mudahan gak ada masalah deh. :)


People Who Read This thread Also Read This Too: