Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


January 2, 2009

About Windows Registry


Windows Registry adalah salah satu bagian penting dari Operating System Microsoft Windows. Yang berisi informasi dan setingan dari windows itu sendiri. Bisa dibilang ini seperti "jantung" dari windows, jadi kalau tanpa itu, winodws tidak akan dapat beroperasi. Kalau kamu merusak registrynya, windows mu juga akan rusak dibuatnya, dan dalam kasus ini hanya satu penyelesaian masalahnya, re-install windows mu. :p

Dalam postingan ku kali ini, aku akan memberikan sekelumit informasi tentang registry windows dan bagaimana meng-configurasinya. Tetapi sebelumnya, kita kupas secara garis besar dulu tentang registry windws. Dan sekali lagi aku katakan, aku juga masih harus belajar banyak tentang ini. Jadi...kita sharing aja info yang kita punya ya? :p


Sedikit dasar tentang registry windows
Ada beberapa cara dalam membuka, melihat dan meng-edit registry windows. Yang paling sering digunakan adalah menggunakan registry editor. Caranya, buka Start >> Run >> kemudian ketikkan "regedit" (tanpa petik); maka registry editor akan muncul. Kamu juga bisa membukanya dari folder windows. Nama filenya adalah "regedit.exe".

Seperti yang aku katakan tadi, ada beberapa cara dalam meng-edit registry windows, kamu bisa juga menggunakan fasilitas notepad untuk menge-edit registry, tapi kita tidak akan berbicara banyak tentang itu, karena registry editor tadi adalah cara yang paling mudah untuk melakukan peng-editan dari registry windows, terutama untuk newbie kayak aku :p

Kalau kamu membuka registry editor windows, kamu bisa melihat kalau "mereka" dipisah menjadi dua bagian. Bagian ini berfungsi hampir sama seperti windows explorer. Dibagian sebelah kiri adalah alur pemisah. Kamu bisa menavigasikan ke berbagai area yang kamu suka disini. Dan disebelahnya lagi, bagian sebelah kanan, adalah bagian dimana kamu bisa menemukan registry keys punyamu. Kamu bisa mengubahnya disini. :)

Registry windows dibagi menjadi 5 komponen utama, plus 1 komponen yang di hidden. (sekarang kita gak usah ngomong masalah yang di hidden itu ya? :) ). 5 komponen utama ini dapat di lihat dari bagian tampilan window sebelah kiri. "mereka" menjelaskan beberapa bagian yang berbeda dan ini sebagian kecil dari penjelasan itu:

HKEY_CLASSES_ROOT
Bagian ini mengandung informasi tentang registered programs, file associations dan beberapa informasi dasar dari windows.

HKEY_CURRENT_USER
Bagian ini mengandung informasi yang spesifik tentang login user.

HKEY_LOCAL_MACHINE
Bagian ini mengandung informasi general tentang setting hardware dan software-software untuk semua user.

HKEY_USERS
Bagian ini mengandung informasi spesifik tentang setingan yang dibuat ama si user (seperti desktop) untuk semua user yang memakai computer itu.
This part contains specific information about users setting (like desktop) for every user in that computer. Bagian ini adalah subbagian dari HKEY_CURRENT_USER.

HKEY_CURRENT_CONFIG
Bagian ini mengandung konfigurasi dari hardware dan informasi lain yang dikumpulkan dari waktu ke waktu.

Ok deh...itu aja dulu basic dari windows registry. Satu hal yang penting dan kamu harus ingat, kamu harus ekstra hari-hati kalau kamu ingin merubah registry windows itu, dan saran aku...sebaiknya di backup dulu registry windows mu sebelum mengotak-atik-nya.

So???....thats all for now... see you... :)

To Be Continued....


People Who Read This thread Also Read This Too: