Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


January 13, 2009

File rahasia dalam format JPG


Beberapa waktu yang lalu, Amrik pernah mengklaim kalau Al-Qaeda telah mengirim pesan rahasia yang terenkripsi dan menyembunyikannya dalam sebuah gambar digital (file *.JPG) di eBay. Dan akhirnya dugaan tersebut tidak pernah terbukti.

Sebenarnya cukup mudah untuk menyembunyikan (bending) file-file ke dalam gambar JPEG. Kamu bisa meletakkan file video clips, pdf, mp3, document office, file zip, webpage atau file dengan format-format lainnya kedalam image JPEG.

Dan kalau sebenarnya bila kita coba melihat secara normal dengan membuka file tersebut dengan cara preview maka yang terlihat adalah betul-betul berformat gambar (*.JPG), tapi jika kita memilih open with dan pilih winrar maka file yang tersembunyi disitu akan terbuka :)
Perbedaannya adalah zise dari gambar itu menjadi lebih besar!!! yang awalnya misalnya 100Kb menjadi 139Kb (tergantung dari file yang disembunyikan didalamnya).


Nah...sekarang kita berandai-andai aja nih, misalnya saja kamu mau mengirim sebuah document rahasia ke sebuah badan inteligen, terus kamu harus diperiksa dulu sama petugas investigasi perbatasan negara, mungkin karena di anggap mata-mata musuh maka semua bawaan kamu harus diperiksa. Terus supaya dokumen kamu gak kedeteksi oleh petugas pemeriksa perbatasan negara, kamu harus menyembunyikan dokumen penting ini. Yang kamu perlukan adalah mengkonversi file rahasia kamu itu kesebuah format JPG asli, jadi kalaupun petugas pemeriksa itu men-double klik file JPG nya, yang dia lihat hanya sebuah preview dari gambar tersebut dan tidak akan ada yang lain.

Sekarang kita praktek aja biar gak bingung ya?

  1. Siapkan sebuah file gambar dan file-file yang ingin kamu sembunyikan di dalam format JPG ini. Kemudian sebaiknya file yang ingin di sembunyikan kamu kompress dulu menjadi satu, bisa dengan menggunakan winrar atau winzip. Copy file-file tersebut dalam sebuah folder (hanya untuk memudahkan saja).
  2. Kemudian bukalah command prompt. Cara buka command prompt udah taukan? :p (Start>>All Programs>>Run>>ketik CMD).

  3. Arahkan dimana folder tempat kamu simpan/copy file-file yang kamu buat tadi, misalnya folder itu kamu buat di drive C: maka ketik saja "cd \" (tanpa petik). Maka kamu sekarang berada di drive C nya langsung sekarang. Kemudian ketik "cd rahasia".

  4. Dan ini lah perintah yang sangat penting dalam menggabungkan kedua file tadi: "copy /b pic.jpg + file_rahasia_nih.rar ketipu_deh.jpg" (tanpa petik). Maka jadilah sebuah file berfomat *.JPG dengan judul "ketipu_deh". :p Dilihat aja dalam foldernya tadi, ada nambah satu file JPG kan? dan dengan size yang berbeda.

  5. Dan bila kamu mau membuka kembali file yang tersimpan didalamnya hanya perlu software kompresi (7-zip, winrar, winzip etc). Tinggal klik kanan aja lalu pilih open with dan pilihlah "winrar archiver"


Gimana? gak susah kan? :) mau dicoba sendiri gak? coba aja deh ya?...biar lebih pinter :D

People Who Read This thread Also Read This Too: