Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


December 14, 2008

How To Install Windows XP on HP CompaqCQ40-115AU And CQ40-129TU


Aduuuhhhhhh senengnya...hari ini aku seneng banget. Ini baru aja pulang dari jalan-jalan malam mingguan, nyampe rumah langsung idupin computer dan konek ke internet, mau ngelajutin ngerjakan PR yang tertunda beberapa hari ini...
Setelah beberapa hari nunggu kelinci percobaan akhirnya datang juga :).

Kelinci percobaan yang aku tunggu itu notebook Compaq, tepatnya HP Compaq jenis CQ40-115AU sama HP Compaq CQ40-129TU. Kedua notebook ini walaupun sama CQ40 tapi sebetulnya lain isinya, Kalau yang HP Compaq CQ40-115AU ini ber-prosessor AMD Turion 64x2 sedangkan HP Compaq CQ40-129TU ber-prosessor Intel Pentium Dual Core T3200 2.0Ghz. Operating System bawaan dari kedua Notebook ini Vista, nah...kebetulan teman paling anti make Vista soalnya selain katanya bikin lambat dia juga gak familiar sama tuh Mr. Vista. Jadi dia minta tolong aku untuk ngubah OS (Operating System) nya menjadi Windows XP. Alhasil setelah beberapa hari tuh notebook dia pake dulu buat kerja hingga aku gak bisa bereksperimen, pagi tadi dia bawa juga....at last...... ;)


Untuk membuat notebook ini bisa di install pake operating system windows XP tidak bisa begitu saja main install rupanya, aku cari settingan untuk merubah AHCI menjadi IDE didalam BIOS ternyata gak ada :( aku kepikir dua cara (mungkin ada yang lain?), pertama dengan update BIOS-nya, tapi ini kalau gak hati-hati resikonya bisa mati total and gak mau kebuka lagi. Cara kedua dengan mengintegrasikan master XP with SATA AHCI nya menggunakan NLITE.Ya udah, aku pake cara kedua aja deh lebih aman, hanya butuh sedikit coba-coba. Dan biar gak buang-buang CD buat eksperimen aku pake aja flashdisk 2GB punyaku, tinggal ikuti caranya di postingan aku yang INI.

Sekarang kita bereksperimen ya? ;)
Peralatan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan SATA AHCI nya itu antara lain:

  1. NLITE
  2. Net framework
  3. Sata AHCI CQ40-115AU, itu untuk yang AMD dan Sata AHCI CQ40-129TU untuk yang Intel.

Nah sudah siap semuanya, sekarang kita coba dulu untuk yang HP Compaq CQ40-115AU.
  1. Instal dulu Net framework kemudian NLITE nya.
  2. Buka NLITE lalu pilih NEXT.
  3. Klik BROWSE dan arahkan dimana master XP kamu simpan dan kemudian NEXT.
  4. Disini kita hanya ingin mengintegrasikan SATA AHCI, jadi untuk tahap yang ini langsung di NEXT kan aja.
  5. Setelah itu ada pilihan pengintegrasian. Karena kita hanya mau mengintegrasikan Sata AHCI nya jadi pilih saja "DRIVERS", kalau kamu mau membuat XP kamu menjadi SP3 yang awalnya SP1/2 tinggal pilih saja "Service Pack". Dan kalau mau membuatnya menjadi sebuah CD yang bootable tinggal di tambah saja di "Bootable ISO", tar dia akan membuat sebuah file ISO yang bisa langsung kamu burning ke CD. Setelah kamu sudah yakin pengen milih pengintegrasian seperti model apa, dilanjut dengan klik NEXT.
  6. Seperti yang aku bilang di point ke-5 tadi, aku hanya pengen SATA AHCI nya aja jadi sekarang klik "INSERT", lalu pilih "Multiple Driver Folder" dan kemudian pilihlah dimana kamu meletakkan file SATA AHCI HP Compaq CQ40-115AU. Pilih yang "x86" klik "OK" pilih "OK" lagi. Nah! disini kamu harus pilih MODE yang "TEXTMODE DRIVER" dan kemudian pilih "AMD SATA AHCI Controller-x86 platform" dan klik "OK". Lalu NEXT.
  7. Disini kamu pilih YES aja, tar proses pengintegrasian dimulai. Setelah selesai kamu klik NEXT.
  8. Nah sekarang semua proses NLITE sudah selesai, tinggal klik "FINISH" aja. ;)
Sekarang kalau buat HP compaq CQ40-129TU, pada point yang no.6 tadi saat memilih SATA AHCI nya, setelah di klik OK tar banyak pilihan drivers yang mau di integrasikan, sebaiknya pilih saja semuanya. setelah itu semua prosesnya sama kok.

Sekarang setelah semua selesai tinggal kamu burning aja dengan NERO, bisa pakai NERO Versi 7 atau 8. Nah maksud aku tadi aku gak klik "Bootable ISO" karena tar aku udah punya masternya dan kalau mau aku gabung dengan software lainnya di dalam 1 DVD jadi enak. Tar waktu install ulang notebook/computer gak capek-capek gonta-ganti CD ;)

I think thats all i can do now.... aku harap ada gunanya buat orang lain. Mohon maaf kalau ada penjelasan yang kurang ya? senengnyaaa...PR ku selesai :)
Oh iya, untuk driver HP Compaq CQ40-115AU coba aja lihat di SITE ini. And Please give a comment, jadi aku tau semuanya berjalan baik gak..OK :)
Good Luck ;)

People Who Read This thread Also Read This Too: