Subscribe

Comment Feed (RSS)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemesanan dan Pembelian Buku Online


December 16, 2008

Membuat Bootable XP Dengan Nero 8


Bingung juga sih mau posting apa lagi, tapi aku pikir dari pada kosong dan untuk nambah-nambah jumlah postingan, aku posting ini aja deh :) walaupun sepertinya udah jadul, soalnyakan sekarang jaman Vista and gak lama lagi cepat atau lambat malah udah jamannya Windows 7. Tapi bagi yang mau mempelajari silahkan di baca-baca ya?

Postingan ku kali ini ada hubungannya juga dengan postingan ku sebelumnya tentang Install XP di Compaq seri CQ40 itu dan How To Install XP. Sebelumnya aku pernah bilang untuk membuat supaya kita gak repot setelah clean install, repot maksudnya gak perlu ribet keluar masukin or gonta-ganti cd instalasi seperti office, antivirus or software2 yang lainnya.
Kita tinggal buat saja bootable windows XP nya dalam DVD dan kemudian di tambah dengan software-software yang diperlukan or yang kamu perlu aja. kita coba ya? eh tapi....mau di coba gak nih?? :p
Mau gak mau kamu harus mau! (Maksa mode on) :p


Sebelumnya siapin dulu peralatan tempurnya seperti:

  1. Nero. Aku pake Nero versi 8
  2. Image bootablenya. Download aja dulu DISINI.
  3. Master XP kamu kopikan aja dulu ke dalam harddisk, copy paste aja macam biasa.
  4. Software-software yang mau digabung dalam DVD ini.
Apalagi ya??? :-? Hmmmmm......ya udah deh itu aja dulu.
Ready?..... GOOOOOOOO................... loh...loh...loh...kok kayak mau lomba lari? :D
Ikuti Step by step nya aja ya?
  1. Buka Nero dari Start Menu atau di desktop lalu pilih NERO BURNING ROM
  2. Kemudian pilih DVD-ROM (BOOT).
  3. Kemudian tinggal sesuaikan settingannya dengan gambar. Di Tab BOOT pilih Image File, tinggal kamu cari saja boot image yang kamu download tadi. Ceklist pilihan "Enable expert settings, rubah "kind of emulation" menjadi NO EMULATION, "Load Segment of sectors (hex!)" rubah menjadi 0000 (nol 4 kali), di "Number of loaded sectors" rubah menjadi 4.
  4. Pidah ke Tab ISO. "File system" pilih ISO 9660 + JOLIET, "File name length" rubah menjadi MAX. OF 31 CHARS (LEVEL 2), "Character set (ISO)" rubah menjadi ISO 9660 (STANDART ISO CD-ROM), untuk bagian "Relax Retrections" ceklist aja semuanya.
  5. Pindah ke Tab LABEL. Pilih aja manual, disitu terserah kamu mau kasih nama apa, kalau buat Windows XP SP2 aku tulisin VRMPCCP_EN.
  6. Sekarang pindah ke Tab BURN. Ceklist aja pilihan "WRITE", di bagian "Write Speed" pilih aja kecepatan yang paling kecil, soalnya semakn besar kecepatan yang dipake semakin besar pula kesalahan yang dilakukan sewaktu CD/DVD di burn. Kalau sudah sekarang klik tombol "NEW"
  7. Kamu cari dimana Master XP tadi yang kamu simpan, kalau sudah dapat tinggal drag aja semua lalu drop kan di lokasi CD/DVD nya.
  8. Nah...kalau aku kan mau gabungin Windows XP sama software-software yang lainnya dalam satu DVD, kalau kamu gak mau dan kamu hanya mau buat bootable XP dan di burning lewati aja step yang ini dan langsung menuju ke step 9. Kalau yang mau menggabungkan software yang lainnya sekarang tinggal klik kanan aja lalu pilih "Create Folder". Lalu klik 2 kali aja di folder yang baru tadi kamu create dan masukkan software-software yang kamu perlukan ke dalamnya sampai batas kemampuan dari DVD itu (kalau bisa jangan terlalu penuh, sisakan saja kurang lebih sekitar 100-200MB), caranya tinggal drag and drop aja di folder yang mau di copy.
  9. Kemudian kamu klik "BURN".
  10. Periksa kembali settingan dari step 1 ampe step 5 tadi, Pastikan semua sudah pas! baru kemudian kamu klik "BURN"
  11. Kalau mau kamu ceklist saja di pilihan "Verify written data" dan sekarang tinggal kamu tunggu aja same selesai proses burning nya.
Nah...selesai semuanya sekarang, dan kamu sudah punya bootable XP DVD beserta software-software lain di dalamnya. Gak perlu repot-repot gonta-ganti cd lagi deh.
Oh iya...untuk Nero yang versi 7 pengerjaannya juga gak jauh beda kok.
I hope this thread is useful for you and me :)
Silahkan tinggalkan komentar ya?...kalau ada salah dan pengen memberi saran or ada yang belum jelas silahkan komen aja ya? ;)

People Who Read This thread Also Read This Too: